Jokowi Berduka Cita, Rachmawati Soekarno Meninggal 

Jokowi Berduka Cita, Rachmawati Soekarno Meninggal 

CELOTEH RIAU--Presiden Joko Widodo mengungkapkan rasa duka atas kepergian Rachmawati Soekarnoputri. Ia mengingat Rachmawati sebagai tokoh yang berjasa dalam berbagai bidang.

Hal itu diungkapkan Jokowi dalam akun Instagramnya @Jokowi. Ia mengunggah foto Rachmawati sedang berbicara di atas mimbar.

"Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Saya dan keluarga berduka cita atas berpulangnya Ibu Hj. Rachmawati Soekarnoputri, hari ini di Jakarta dalam usia 70 tahun," kata Jokowi dalam akun Instagramnya, Sabtu (3/7/2021)

"Almarhumah adalah tokoh yang jejak hidupnya terentang di berbagai bidang, dari dunia pendidikan, sosial, hingga politik," kenangnya.

Dalam unggahan Instagramnya, Jokowi juga mendoakan agar Rachmawati mendapatkan tempat terbaik. Selain itu, ia juga berharap agar keluarga Rachmawati tabah.

"Semoga almarhumah mendapatkan tempat nan lapang di sisi Allah SWT, dan segenap keluarga yang ditinggalkan kiranya diberi kekuatan dan kesabaran," ujarnya.

Diketahui, anak ke-3 Presiden Sukarno itu meninggal pada Sabtu (3/7) pagi. Ia dinyatakan meninggal setelah terpapar virus Covid-19.

Rachmawati sempat dirawat di RSPAD Gatot Soebroto. Jenazahnya dimakamkan di TPU Karet Bivak, Jakarta Pusat.

Ia aktif di bidang politik dengan menajdi Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra sejak September 2020.

Sementara pada Juni lalu, Rachmawati baru saja dikukuhkan sebagai Ketua Dewan Pembina Tim Mutiara Hitam oleh Persipura Jayapura.

Kala itu, Rachma teringat pesan Bung Karno yang pernah disampaikan saat meresmikan Panitia Pembangunan Irian Barat, pada 24 September 1962.

Pembangunan Irian Barat, ujar Rachmawati menirukan Bung Karno, hanya dapat dilakukan dengan mengakumulasi segala upaya dan tenaga, baik moral maupun materil. Irian Barat kini dikenal sebagai Papua dan Papua Barat.

 

#nasional

Index

Berita Lainnya

Index